Sabtu, 05 Februari 2011

Pendidikan Gratis

                                               Pendidikan Gratis

Pendidikan merupakan suatu bentuk pembelajaran yang dilakukan oleh setiap insan di muka bumi untuk mendapatkan ilmu dalam rangka mengisi kehidupan ini sehingga manusia dapat mengatur dan menata kehidupan sebagaimana harapan kita semua. Tanpa ilmu maka tidak mungkin dapat dilakukan terutama di dunia modern.

Bangsa Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan baik di darat maupun di laut. Ini semua anugerah untuk rakyat Indonesia sehingga mencapai masyarakat adil dan sejahtera. Namun apa yang terjadi dewasa ini bahwa kehidupan serba kekurangan karena anugerah itu dinikmati oleh segelintir orang saja. Pemerintah tidak dapat berlaku adil, salah satunya mencerdaskan bangsa. Seharusnya dalam proses pembelajaran, masyarakat harus mendapatkan pendidikan gratis dari tingkat PG sampai SMU sehingga siapa pun dapat mengecap pendidikan.

Pemerintah sejak dahulu telah mencanangkan sekolah gratis, ternyata masih banyak juga biaya yang harus dikeluarkan wali murid terutama untuk membeli buku pelajaran dan seragam sekolah. Buku yang diwajibkan per semister terus berubah untuk setiap tahunnya sehingga murid harus selalu membeli buku baru. Ini sangat memberatkan wali murid, yang seharusnya ditanggung pemerintah.
Kita berharap pemerintah dengan serius melakukan kebijakan sekolah gratis sehingga wali murid tidak perlu repot memikirkan biaya sekolah putra putrinya sehingga mereka bisa menabung untuk anaknya mengecap pendidikan tinggi.

Pendidikan selayaknya dibiayai oleh pemerintah karena sesuai dengan amanat UUD ’45. Mudah-mudahan saja semua itu bisa dibenarkan asanya. amieen...

0 komentar:

Posting Komentar